Rabu, 24 Februari 2010

ALAT BANTU POD, resume 6

Alat bantu audiovisual adalah bahan atau alat yang digunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan. Contohnya LCD Proyektor, overhead projector, slide, film, televise, pameran dan benda. Jenis alat bantu audiovisual yang biasa dipakai menurut Morgan et al (1976) ialah:

1.Papan tulis dan papan bulletin.
2.Chart, grafik , diagram dan peta.
3.Drama dan wayang kulit.
4.Pameran.
5.Papan planel dan papan temple.
6.Gambar, foto, dan bahan cetakan.
7.Televisi, radio dan video tape.
8.Tape recorder.
9.Poster,kartun dan kliping.
10.Film, slide dan filmstrip.

Posisi alat bantu audiovisual dalam pengajaran adalah sebagai alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran atau konsep yang sulit dimengerti tanpa ilustrasi visual. Tulisan dan ucapan sangat bermanfaat dalam situasi belajar, tapi ada beberapa konsep yang tidak dapat disampaikan sejelas jika menggunakan alat bantu audiovisual. Ada kesalahan persepsi alat bantu audiovisual,maka dari itu terdapat beberapa asumsi yang menjelaskan nya yaitu :

1.Alat bantu audiovisual bukan suatu bentuk pendidikan tersendiri.
2.Alat bantu audiovisual bukan hanya berupa gambar hidup.
3.Tujuan utama alat bantu audiovisual jika dikaitkan dengan pendidikan bukan untuk hiburan.
4.Alat bantu audiovisual bukan sesuatu yang baru.
5.Alat bantu audiovosiual bukan obat mujarab untuk mengatasi seluruh hambatan pengajaran.

Manfaat alat bantu audiovisual ialah :
1.Membantu memberikan konsep pertama atau kesan yang benar.
2.Mendorong minat.
3.Meningkatkan pengertian yang lebih baik.
4.Melengkapi sumber belajar yang lain.
5.Menambah variasi metode mengajar.
6.Menghemat waktu.
7.Meningkatkan keingintahuan intelektual.
8.Cenderung mengurangi ucapan dan pengulangan kata yang tidak perlu.
9.Membuat ingatan terhadap pelajaran lebih lama.
10.Dapat memberikan konsep baru dari sesuatu di luar pengalaman biasa.

Kriteria dalam memilih alat bantu yang digunakan ialah berdasarkan dengan tugas yang dikerjakan, diketahui penggunaannya, alat yang paling siap dipergunakan, yang mudah digunakan, yang sesuai dengan minat dan pengertina pelajar, dapat menyajikan materi dengan akurat, bebas dari propaganda dan tersedia tempat dan fasilitas yang cocok untuk menggunakan alat tersebut.
Saran ketika menggunakan alat bantu audiovisual yaitu, bahan yang disajikan harus mengarah langsung ke masalah yang sedang dibicarakan, operator yang menjalankan alat bantu harus mengetahui cara kerja, segala sesuatunya dalam keadaan siap dan tersusun rapi dan alat bantu sebaiknya mengajarkan sesuatu dan tidak sekedar menayangkan sesuatu.


Referensi : Suprijanto. 2007. PENDIDIKAN ORANG DEWASA DARI TEORI HINGGA APLIKASI. JAKARTA : BUMI AKSARA .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar