Selasa, 09 Februari 2010

PRINSIP DAN PENDEKATAN POD, resume 3

PRINSIP-PRINSIP UMUM UNTUK MEMILIH PENGALAMAN BELAJAR PENDIDIKAN ORANG DEWASA


Beberapa Prinsip Belajar untuk Pendidikan Orang Dewasa

Menurut Hommonds ada empat prinsip belajar ;

1. Prinsip latihan (praktik).
Aktivitas pebelajar yang berupa mendengarkan uraian pembelajar, mengkonsentrasikan diri pada apa yang didengarkan kemudian mencerna apa yang diuraikan agar dapat dimengerti, melibatkan organ-organ tubuh dalam proses berpikir untuk menumbuhkan suatu pengertian.

2. Prinsip hubungan.
Berdasarkan pada kebiasan manusia untuk selalu menghubung-hubungkan berbagai kejadian yang dialaminya dengan hal yang terjadi sebelumnya.

3. Prinsip akibat.
Ini mempengaruhi salah satu aspek perilaku pebelajar yang belajar. Dalam bentuk tingkat kepuasan yang diperoleh seseorang atau juga kesenangan terhadap sesuatu yang dipelajari.

4. Prinsip kesiapan.
Secara fisik atau mental untuk belajar akan berada dalam situasi yang memperkenankannya mencurahkan perhatian yang sepenuhnya pada materi belajar.

A. Bagaimana sebaiknya menyelenggarakan proses belajar orang dewasa

Usahakan pebelajar orang dewasa tersebut secara aktif berpartisipasi dalam perumusan tujuan belajar. Ketika dalam diskusi atau teknik kelompok lainnya, semakin besar tanggung jawab yang diberikan maka semakin efektif belajarnya. Usahakan suasana belajar yang menyenangkan yang berorientasi pada pebelajar dan bersifat spontan. Belajar harus juga berorientasi pada pemecahan masalah. Orang dewasa akan efektif jika mereka sendiri yang menentukan kecepatan belajarnya. Pebelajar harus menerima umpan balik tentang sebaik mana kemajuan yang telah mereka buat.

BEBERAPA PENDEKATAN DALAM PENDIDIKAN ORANG DEWASA

A. Jenis-Jenis Pendekatan

1. Pendekatan Pemusatan Masalah
Kurikulum yang berpusat pada masalah mengarahkan pengalaman belajar pada kehidupan pebelajar sehari-hari dan akan mempunyai manfaat secara langsung. Konsep Khit-pen di Thailand adalah contohnya. Khit-pen berarti mampu berpikir.

2. Pendekatan Proyektif
Foto atau gambar garis yang menggambarkan suatu masalah kadang tidak memadai untuk menggali dimensi permasalah yang ada pada pebelajar. Cara lainnya ialah melalui diskusi tentang perilaku beberapa tokoh dalam sebuah cerita. Pendekatan ini banyak digunakan di Pendidikan Luar Sekolah di Turki.

3. Pendekatan Appersepsi-Interaksi
Pendekatan ini mulai dengan mengidentifikasi tema-tema masalah kehidupan sehari-hari pebelajar. Pebelajar menghubungkan pengalaman dan perasaan dengan gambar yang ada di folder (appersepsi). Kemudian membahasnya dalam diskusi mengenai isi folder tersebut (interaksi).

4. Pendekatan Perwujudan Diri Sendiri (Self Actualization Approach)
Maslow menggambarkan manusia yang utuh. Pendekatan ini ada empat ciri utama:

a. Proses yang terpusat pada pebelajar.
b. Belajar sesama teman dalam kelompok (peer learning).
c. Membantu timbulnya konsep diri yang positif.
d. Daya khayal yang berdaya cipta.


B. Model Kurikulum dan Penerapan Teori Belajar

1. Model Kurikulum
a. Model informasi.
b. Model pemecahan masalah.
c. Model proyektif.
d. Model ekspresi atau perwujudan diri.

2. Penerapan Teori Belajar pada Situasi Belajar
a. Pendekatan yang terpusat pada masalah.
b. Pendekatan perwujudan diri.
c. Beberapa praanggapan.

Dapat diterima ketika praanggapan tersebut konsisten dengan filsafat yang mendasari pekerjaan yang dilaksanakan yaitu:

1. Orang dewasa di pedesaan akan menerima idea tau pemikiran baru jika mereka memahami dalam bentuk hubungan kepentingan bagi mereka.
2. Proses belajar yang efektif mudah terjadi apabila terdapat motivasi kuat untuk belajar.
3. Kemampuan individu menyumbangkan sesuatu untuk pembangunan mengharuskan melihat nilai-nilai dengan sebab-akibat, penilaian serta mengambil tanggung jawab bertindak.
4. Kesadaran diri harus timbul dalam diri seseorang.
5. Lingkungan sosial dan budaya dapat menjalankan peranan yang kuat dan menentukan kemampuan seseorang dalam memilih kemungkinan-kemungkinan.

Referensi : Yusnaidi,. Pendidikan Orang Dewasa. Medan:PPS UNIMED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar