Selasa, 30 Maret 2010

REMEDI

KLIK DI SINI

4 komentar:

  1. (uas) 1. Mutia, coba kamu jelaskan dari performa kelompok kemarin, apakah perspektif menurut robert m.gagne dapat dijelaskan?

    BalasHapus
  2. Ada 8 tipe belajar menurut Gagne yaitu:
    1. Belajar berisyarat contohnya berbentuk classical conditioning dan dalam bentuk sikap dan prasangka.
    2. Belajar stimulus-respon yaitu sama seperti operant conditioning, yang responnya berbentuk ganjaran.
    3. Rangkaian motorik yaitu belajar keterampilan.
    4. Rangkaian verbal yaitu belajar cara menghafal (rote learning)
    5. Diskriminasi ganda yaitu keterampilan intelektual berupa kemampuan membedakan antara beberapa jenis gejala yang serupa.
    6. Belajar konsep ialah kemampuan berpikir abstark.
    7. Belajar aturan merupakan kemampuan merespon terhadap keseluruhan isyarat.
    8. Belajar pemecahan masalah bertujuan untuk menemukan jawaban terhadap situasi problematik.

    Berdasarkan performa yang kelompok kami lakukan yaitu pelatihan Team Building
    berdasarkan tipe belajar stimulus-respon ketika melaksanakan permainan yang dihubungkan dengan materi peserta di berikan suatu tugas pada permainan tersebut (stimulus) dan aktivitas yang dilakukan oleh peserta dalam permainan (respon) dan diberikan penguatan positif ketika bermain sesuai aturan dengan pujian dan pemberian hadiah, dan diberikan hukuman ketika melanggar peraturan permainan.

    berdasarkan tipe belajar rangkaian motorik permainan mummy dan perahu peserta dituntut keterampilan dimana kemampuan motorik digunakan untuk menyelesaikan permainan tersebut.

    berdasarkan tipe belajar rangkaian verbal ketika peserta ditanya tentang makna permainan dengan isi materi maka peserta mengingat apa yang telah dijelaskan oleh presenter.

    berdasarkan tipe belajar konsep dalam pemahaman materi yang disampaikan dapat dipahami dengan membuat contoh-contoh yang dinalarkan dengan membayangkan saja peserta sudah mengerti inilah yang kemampuan lebih orang dewasa dibanding anak-anak yang untuk menjelaskan sesuatu hal yang kurang dimengerti lebih mudah menjelaskannya dengan cohtoh yang langsung dilihatnya.

    Berdasarkan tipe belajar aturan dapat dilihat pada seluruh isyarat yang diberikan oleh penyaji dapat direspon oleh peserta.

    Berdasarkan tipe belajar pemecahan masalah terlihat ketika bagaimana cara suatu kelompok dapat menyelesaikan tugas/ permainan yang mainkan. juga ketika salah satu kelompok menghadapi kendala dalam proses pelaksanaan tugas bagaimana mereka dapat menyelesaiakan kendala tersebut. dan ketika setiap kelompok diminta untuk menjawab pertanyaan yang diajukan dimana hanya perwakilan saja yang menjawab pertanyaan tersebut bagaiman suatu kelompok itu akhirnya bisa menjawab dibutuhkan pemecahan masalah di dalamnya.

    BalasHapus
  3. (UAS) 2. Jawaban soal ini paling lambat saya tunggu hingga tanggal 13 Juni 2010. Menurut kamu, adakah teori andragogi yang dapat menjelaskan alasan saya memperpanjang toleransi penyelesaian UAS no 2. ini? Coba uraikan.

    BalasHapus
  4. Berdasarkan buku Yusnadi, karakteristik pendidikan orang dewasa salah satunya orang dewasa telah memiliki banyak peranan dan tanggung jawab yang mana mengakibatkan timbulnya semacam persaingan terhadap permintaan akan waktunya. berdasarkan hal ini dapat ditelaah bahwa alasan memperpanjang toleransi penyelesaian UAS no. 2 ini yaitu para orang dewasa khususnya pada soal ini ialah para mahasiswa memiliki banyak peranan dan tanggung jawab dimana ia harus dapat membagi-bagi waktunya dengan baik. dan alasan soal ini di keluarkan ketika UAS sudah hampir selesai dan ada juga yang sudah selesai UAS nya agar mahasiswa dapat fokus menyelesaian pertanyaan UAS Andragogi.

    Berdasarkan prinsip belajar untuk POD yang keempat yaitu prinsip kesiapan yang mana berdasarkan waktu pengerjaan soal no. 2 ini sangat tepat karena hampir seluruh mahasiswa sudah selesai UASnya jadi sudah sangat siap menjawab pertanyaan soal UAS Andragogi. walaupun masih ada yang ujian mata kuliah lain itu pun tinggal satu atau dua mata kuliah.

    Berdasarkan buku Suprijanto, hukum belajar pada prinsip POD ada 8 yang mana salah satunya ialah kesiapan hati yaitu sesorang yang telah mengembangkan kebiasaan belajar cenderung akan lebih bersikap positif terhadap proses belajar daripada seseorang yang tidak mempunyai kesiapan belajar. penjelasannya sama seperti sebelumnya.

    BalasHapus