Selasa, 09 Maret 2010

Evaluasi POD, resume 8

Evaluasi ialah suatu cara mengukur hasil dari kegiatan pendidikan. Beberapa jenis evaluasi diklasifikasikan berdasarkan tingkat formalitas dan ketepatannya menurut (Morgan, et al., 1976) :

1.Evaluasi informal : penilaian tentang masalah yang sederhana tanpa menggunakan banyak pertimbangan prinsip-prinsip evaluasi.
2.Evaluasi semi formal
3.Evaluasi formal atau penelitian ilmiah : menggunakan prosedur riset yang canggih

Dibedakan berdasarkan tujuannya ialah:

1.Evaluasi formatif : mengidentifikasi dan memperbaiki kekurangan selama masa pengembangan program. Digunakan untuk memperoleh data yang akan digunkan untuk memperbaiki dan membuat seefektif mungkin materi pngajaran.
2.Evalusai sumatif : menilai manfaat program versi terakhir untuk menentukan efisiensi dan keefektivas suatu pengajaran.

Manfaat evaluasi menurut) ialah:

1.Menentukan patokan awal.
2.Mengetahui keberhasilan suatu kegiatan.
3.Mengecek secara periodic efektivas suatu program,.
4.Memberikan rasa aman kepada pelaksana tugas.
5.Memberikan bukti konkret kepada pihak yang terkait.
6.Meningkatkan sikap professional kepada penerima evaluasi

Tujuan evaluasi menurut Morgan, et al., (1976):

1.Untuk menentukan seberapa dekat peserta didik secara individual dan keseluruhan kelas telah mencapai tujuan umum yang telah ditentukan.
2.Untuk mengukur tingkat perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik dalam waktu tertentu.
3.Untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi peserta didik, instruktur dan masyarakat.

Prinsip evaluasi menurut Morgan, et al., (1976):

1.Mempunyai tujuan yang pasti.
2.Menggunakan tujuan perilaku yang terjangkau dan pasti.
3.Bukti tentang perubahan dalam diri individu.
4.Menggunakan instrument yang tepat dalam evaluasi.
5.Kerja sama antara peneliti dengan orang yang dinilai kemajuannya.
6.Tidak perlu mengevaluasi semua hasil pembelajaran.
7.Evaluasi harus berkesinambungan.

Prosedur evaluasi ialah:

1.Penentuan tujuan atau kebutuhan evaluasi.
2.Penentuan kriteria atau standar evaluasi.
3.Penyusunan instrument atau kuesioner evaluasi.
4.Melakukan pengumpula data atau informasi.
5.Melakukan analisis data atau informasi.
6.Membuat kesimpulan.


Referensi : Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa – Dari Teori hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar