Senin, 01 Maret 2010

KOMUNIKASI TERTULIS POD, resume 7

Komunikasi tertulis yang dibahas ialah laporan berkala dan surat edaran, berita dan buletin, poster, folder, leaflet, pamphlet, dan cara menulis cepat dan mudah dibaca.

1. Laporan Berkala dan Surat Edaran

Laporan berkala ialah laporan yang dikirim secara pribadi kepada orang banyak. Surat edaran sifatnya lebih pribadi tidak sama dengan laporan berkala. Surat edaran memfokuskan suatu peristiwa, digunakan untuk memperkuat dan member dorongan terhadap pelaksanaan pertemuan, demonstrasi dan lainnya.

2. Berita

Menurut Flores, Bueno& Lapastora (1983) menyatakan bahwa berita ditentukan oleh, kedekatan pembaca dengan peristiwa yang terjadi, ketepatan waktu, tingkat kepentingan, dan kebijaksanaan surat kabar.

3. Buletin, Folder, Leaflet, atau Pamflet

Merupakan informasi tertulis mengenai subjek khusus yang panjangnya bervariasi. Dikelompokkan sebagai jenis komunikasi media massa karena dipersiapkan dalam jumlah yang banyak untuk disebarluaskan. Penelitian menyatakan bahwa bulletin mempunyai nilai yang tinggi dalam daftar preferensi materi pandidikan POD.

4. Poster

Merupakan salah satu jenis media massa, didesain untuk menarik perhatian pejalan, menekankan fakta atau ide dan menstimulasi orang-orang yang mendukung ide itu. Poster bersifat melengkapi bukan menggantikan metode komunikasi.

5. Menulis Cepat

Dapat menulis cepat jika mengetahui pembaca Anda, mempunyai tujuan dan kejar tujuan itu, dan mempunyai rencana dan ikuti rencana itu.

6. Menulis Agar Mudah Dibaca

Hal yang perlu diperhatikan ialah:

- Seperti bercakap-cakap.
- Gunakan kata-kata yang pendek dan mudah dimengerti.
- Gunakan kata-kata personal.
- Gunakan kalimat pendek dan bervariasi.
- Gunakan paragraph yang pendek.
- Susun kalimat dengan urutan yang logis.
- Cek tata bahasa campuran, peubah yang berayun, berlebihan, kata abstrak, membatasi, berbelit-belit dan susunan yang tercampur atau paralelisasi yang salah.

Referensi : Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa- Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta : Bumi Aksara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar